----Selamat atas terpilihnya Kak Supriyadi Makara sebagai Ketua dan Kak Aprilya Novitasari sebagai Wakil Ketua DKC Trenggalek masa bakti 2011-2016, Semoga menjadikan T/D Trenggalek lebih baik---

KPDK 2010

Pada 14 Januari 2010 mendatang, Dewan Kerja Daerah Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (DKD Kwarda GP) Jatim akan menggelar Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK). Rencananya, KPDK akan diadakan di Trawas Mojokerto pada minggu kedua Januari dan diikuti DKC kab/kota se-Jatim serta DKD se-Jawa.

Ketua DKD Kwarda GP Jatim, Zamzami Sabiq di Surabaya, Selasa (29/12) menjelaskan, untuk mempersiapkan KPDK, DKD telah mengkoordinasikan pada seluruh peserta dari DKC se-Jatim. ”Informasi sudah kami sampaikan dan perwakilan dari mereka telah menyatakan siap untuk menghadiri KPDK,” ungkapnya.
Ia mengakui, dalam mempersiapkan kegiatan ini waktunya cukup terbatas. Namun, kini pihaknya terus mengupayakan lokasi kegiatan dan kepastian waktu pelaksanaan. ”Jadual masih tentatif, karena harus menyesuaikan kapan lokasi kegiatan dapat digunakan,” katanya.
Untuk itu, lanjut dia, pada awal Januari mendatang DKD akan menyosialisasikan lebih lanjut hasil persiapan kegiatan pada seluruh DKC se-Jatim dan DKD se-Jawa yang telah bersedia mengikuti KPDK.
Ia menuturkan, dalam KPDK ini, peserta akan diberikan pelatihan manajerial tentang tata cara bagaimana mengelola dewan kerja. Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan dasar kepramukaan bagi penegak pandega, petunjuk teknis penyelenggaraan dewan kerja, hingga motivasi diri dan kepribadian.
Untuk jumlah peserta, pihaknya mempersiapkan kuota kurang lebih 70 orang. Untuk 38 DKC kab/kota se-Jatim masing-masing dapat mengirimkan dua orang dan untuk lima DKD se-Jawa juga dapat mengirimkan masing-masing dua utusan. ”Target kami 70 orang, namun jika lebih maka akan kami persiapkan tambahan kuota hingga mencapai 90 orang,” ujarnya.
Ia menambahkan, KPDK ini juga menjadi pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega yang tergabung dalam DKC se-Jatim. Kegiatan ini, lanjut dia, juga dapat digunakan menjadi ajang sharing dan tukar informasi antar peserta serta untuk mengevaluasi hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh DKD Jatim dan seluruh DKC se-Jatim.
Untuk itu, ia mengimbau pada seluruh DKC agar dapat mengirimkan delegasinya. ”Walau waktunya mepet, saya yakin masih dapat dikoordinasikan dengan baik, sehingga delegasi dari seluruh DKC se-Jatim dan peserta tamu dari DKD se-Jawa dapat ikut serta dalam KPDK nanti,” pungkasnya.

Di tempat lain, DKC Bengkalis mengadakan acara serupa. ateri-materi yang disampaikan dalam kursus ini terdiri dari Materi Dasar (Orientasi Kursus, Dinamika Kelompok, AD dan ART Gerakan Pramuka, Polbin T/D, PPDK, dan Organisasi Kwartir dan Organisasi Dewan Kerja), Materi Pengelolaan (Dasar-dasar Manajemen, Administrasi Dewan Kerja, Teknik Penyusunan Program Kerja, SPPP, Teknik Evaluasi, Teknik Pembuatan Laporan, dan Teknik Persidangan), dan Materi Penunjang (Kepemimpinan, Problem Solving, Surat Menyurat, dan Outdoor Management Training).

1 komentar: